Bupati Sambas Dorong Potensi Daerah Menuju Kalbar Swasembada Pangan

 

Satono Bupati Sambas

 

Terigasnews.com – Bupati Sambas H. Satono mengajak jajaran Pemkab Sambas beserta seluruh elemen terkait untuk bersama-sama mendorong segala potensi, diantaranya sektor pertanian dan pariwisata. Jumat (5/1/2024).

Satono menilai apabila kedua sektor itu diberdayakan secara ideal dirinya yakin mampu mengharumkan nama Kalbar sebagai provinsi swasembada pangan.

“Ayo kita dorong, dorong sekuat tenaga, saya yakin kita ini Kalbar betul hadir pemerintah bisa betul-betul menjadi provinsi swasembada pangan,” ucapnya.

Kata dia, ketika hal tersebut terwujud impor beras tidak perlu dilakukan lagi. Sehingga masyarakat Kabupaten Sambas 70 persen diantaranya berprofesi sebagai petani lebih sejahtera.

“Tidak perlu lagi kita ini impor beras dari luar, karena potensi sudah ada, petani saja itu 70 persen dari total populasi Kabupaten Sambas,”ujarnya.

Lanjut dirinya menyampaikan bahwa, yakin dengan sinergitas serta solidaritas seluruh elemen dalam pemecahan masalah yang ada, mampu memberikan motivasi lebih bagi masyarakat untuk bercocok tanam.

“Kalau kita hadir bersama fokus mensupport sekuat tenaga, bibit yang unggul, irigasi tersedia, pupuk yang tersedia kemudian sektor hilir yang terpenting artinya ketika panen padi hilirnya juga terjamin sehingga semangat masyarakat itu naik untuk bercocok tanam,” tuturnya .tambahnya.

Lebih lanjut dia menyampaikan, segala potensi yang ada pada sektor pariwisata juga tidak lepas dari perhatian Pemkab Sambas.

“Jeruk, buah naga, kelapa, Sambas ini kaya akan potensi pertanian termasuk sektor pariwisata dengan hamparan pantai yang luar biasa ini harus dimaksimalkan”, terangnya.

Terakhir Satono mengungkapkan bahwa, Kabupaten Sambas memiliki potensi yang luar biasa di sektor pertanian. Di mana Sambas menjadi penyumbang 40 persen pangan di Kalbar.

“Kita ketahui bersama juga potensi pertanian Sambas ini penyumbang pangan 40% di Kalbar,” ujarnya. (Zal).

Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *