Dispendikbud Gelar O2SN Se-Kabupaten Sambas Tingkat SD & SMP

 

Terigasnews.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten (Dispendikbud) Sambas gelar Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Se-kabupaten Sambas tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama di halaman kantor Pendikbud pada Selasa 14 Mei 2024.

Hadir dalam kegiatan 02SN Bupati Sambas H Satono, seluruh Kepala Dinas Organisasi Pemerintah Daerah (OPD), Kepala sekolah Se-Kabupaten Sambas dan seluruh peserta O2SN.

Kepala Dinas Pendikbud Kabupaten Sambas Arsyad S. Pd., M.M dalam laporannya menyampaikan, bahwa kegiatan O2SN merupakan suatu kegiatan yang mengembangkan talenta siswa.

“O2SN mengembangkan talenta peserta didik dalam bidang olahraga membina dan mempersiapkan olahraga berprestasi pada tingkat daerah tingkat provinsi dan tingkat nasional di usia sekolah dasar mengembangkan jiwa sportivitas kompetitif rasa percaya diri dan rasa tanggung jawab pada siswa-siswi kita SD dan SMP,” ujarnya.

Kata dia, selain menggunakan talenta siswa didik O2SN juga menjadi ajang solidaritas antar guru dan siswa.

Baca Juga : O2SN di Buka, Anwari : Melatih Sifat Sportivitas dan Tanggungjawab 

“Selain itu juga engembangkan budaya hidup sehat dan gemar berolahraga, menumbuhkembangkan, nasionalisme dan cinta tanah air. Menjalin solidaritas dan persahabatan antar peserta didik dan seluruh guru olahraga yang berada di pemerintahan Kabupaten Sambas dengan tema pada hari ini merdeka,” ucapnya.

“Serta mampu membawa dampak positif di tingkat kabupaten tingkat provinsi dan tingkat nasional bapak ibu Kepala bidang di lingkungan dinas pendidikan yang telah bersusah payah berhari-hari sebagai panitia pelaksana dan terima kasih banyak telah membuat kegiatan seperti ini,” tambahnya.

Lanjut kata Arsyad, kegiatan O2SN tersebut sudah lama tidak terlaksana, namun di tahun 2024 dapat terlaksana.

“Sebelumnya O2SN ini belum pernah laksana beberapa tahun sebelumnya. Terima kasih kepada pak Bupati, mudah-mudahan kegiatan ini dapat kita laksanakan terus setiap tahunnya dan olimpiade ini sering dilaksanakan pada tahun-tahun berikutnya ,” terangnya.

“Kemudian akan diikutkan pada lomba di tingkat provinsi setelah ini, mudah-mudahan utusan Kabupaten Sambas nanti akan meraih nasional di Jakarta nantinya,” sambungnya.

Lebih lanjut dirinya menyampaikan, kegiatan tersebut melibatkan SD dan SMP Se-Kabupaten.

 

 

“Melibatkan seluruh SD dan SMP Se-Kabupaten Sambas, ini nantinya diadakan ada lima cabang olahraga yang diperlombakan untuk tingkat SD dan tingkat SMP masing-masing lima cabang dengan cabang olahraga yang sama, terdiri dari cabang olahraga bulutangkis, cabang olahraga karate, cabang olahraga renang, cabang olahraga pencak silat dan cabang olahraga atletik,” terangnya.

“Kami menggunakan beberapa tempat untuk cabang olahraga bulutangkis beserta Putra sebanyak 15 orang ini nanti dan Putri sebanyak 14 orang itu nanti kami akan tempatkan di gedung PGRI, gedung olahraga departemen Agama cabang karate, cabang renang menggunakan kolam renang kolam renang hotel Pantura, olahraga pencak silat mungkin menggunakan gedung perbatasan di belakang dan cabang olahraga atletik beserta Putra dan putrinya kami nanti menggunakan olahraga lapangan olahrag, jadi dari 5 cabang ini tempat-tempat yang sudah kami siapkan,” pungkasnya. (Soe).

Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *