Lakukan 5 Cara ini Cegah Perut Buncit

kerap menjadi pencarian populer di internet. Biasanya, alasan untuk mengecilkan perut karena hal tersebut mengganggu penampilan. Namun menghilangkan lemak perut juga bermanfaat bagi kesehatan, sebab lemak di perut dapat menimbulkan berbagai penyakit.
Bagi sebagian orang proses menghilangkan perut memang tidak mudah. Dibutuhkan motivasi dan keseriusan untuk menjalani sejumlah program diet agar hasilnya maksimal. Untungnya, ada beberapa cara alami mengecilkan perut buncit yang mudah dilakukan.

Dikutip dari Healthline, berikut cara menghilangkan perut buncit yang dapat anda lakukan secara alami yang sudah terbukti secara ilmiah :
1. Konsumsi banyak serat larut
Serat larut menyerap air dan membentuk gel yang membantu memperlambat makanan saat melewati sistem pencernaan. Hal ini dapat membantu Anda menurunkan berat badan dengan meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi penyerapan kalori.

Sebuah studi observasi yang diterbitkan oleh NCBI terhadap 1.100 orang dewasa menemukan bahwa untuk setiap peningkatan 10 gram dalam asupan serat larut, penambahan lemak perut menurun sebesar 3,7% selama periode 5 tahun.

Beberapa makanan yang mengandung serat larut seperti alpukat, shirataki, biji rami, serta kacang-kacangan.

2. Hindari makanan yang mengandung lemak trans
Lemak trans dibuat dengan memompa hidrogen menjadi lemak tak jenuh, seperti minyak kedelai. Kandungan ini ditemukan di beberapa margarin dan selai dan juga sering ditambahkan ke makanan kemasan, tetapi banyak produsen makanan berhenti menggunakannya.

Beberapa penelitian telah mengaitkan asupan lemak trans yang tinggi dengan peningkatan lemak perut. Cobalah untuk menghindari makanan yang mengandung lemak trans agar proses menghilangkan perut buncit lebih efektif.

3. Membatasi asupan gula
Gula mengandung fruktosa, yang telah dikaitkan dengan beberapa penyakit kronis jika dikonsumsi secara berlebihan. Ini termasuk penyakit jantung, diabetes tipe 2, obesitas, dan penyakit hati berlemak
Asupan gula yang berlebihan merupakan penyebab utama kenaikan berat badan pada banyak orang. Untuk menghilangkan perut buncit, batasi asupan permen dan makanan olahan yang tinggi gula tambahan.

4. Hindari makanan olahan
Meski makanan cepat saji dan makanan olahan nikmat, namun hindari konsumsinya sekalipun hanya untuk ‘cheat meal’. Makanan ini mengandung karbohidrat olahan yang minim nutrisi dan tidak mengandung serat larut.

Young menjelaskan konsumsi karbohidrat olahan berhubungan dengan peningkatan lingkar pinggang dan akumulasi lemak perut. Karenanya sangat penting mencegah keinginan ngemil makanan olahan dan makanan cepat saji jika ingin menyingkirkan perut buncit.

5. Kurangi tingkat stress
Stres dapat membuat kamu mendapatkan lemak perut dengan memicu kelenjar adrenal untuk memproduksi kortisol, yang juga dikenal sebagai hormon stres.

Penelitian juga menunjukkan bahwa kadar kortisol yang tinggi meningkatkan nafsu makan dan mendorong penyimpanan lemak perut. Terlebih lagi, wanita yang sudah memiliki pinggang besar cenderung memproduksi lebih banyak kortisol sebagai respon terhadap stres.

Peningkatan kortisol ini semakin menambah lemak di sekitar bagian perut. Nah, untuk membantu mengurangi lemak perut, kalian bisa melakukan aktivitas yang dapat menghilangkan stres. Misalnya seperti yoga ataupun meditasi.

Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *